Penting Diperhatikan, Ini Dia Batasan Asupan Gula Harian Paling Benar

Penting Diperhatikan, Ini Dia Batasan Asupan Gula Harian Paling Benar

Diposting pada

Asupan gula harian tentunya harus dibatasi, mengingat ada banyak risiko terserang penyakit gula darah. Penyakit gula darah ini tentunya sangat riskan menyerang orang tua, namun bukan berarti anak mudah tidak terserang.

Ada beberapa kasus anak mudah terserang penyakit gula, dan harus menjaga pola makan sejak awal untuk mengatasinya. Apalagi gula darah bisa diturunkan ke anak, jadi jika Anda memiliki orang tua dengan riwayat gula darah maka Anda harus berhati-hati.

Sebisa mungkin batasi mengkonsumsi makanan tinggi gula. Nah, kali ini kami akan berikan batasi konsumsi gula harian yang penting untuk diketahui. Jadi untuk mengetahuinya mari kita simak dengan baik informasi berikut ini.

Berikut Ini Asupan Gula Harian yang Perlu Anda Terapkan

Berikut Ini Asupan Gula Harian yang Perlu Anda Terapkan

Kebutuhan gula per hari umumnya cukup banyak, hal ini tidak lain karena gula termasuk salah satu bahan pokok dalam makan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari hari. Minum teh, minum-minuman dingin, atau ngemil kue, semua bahan tersebut mengandung gula.

Walau tubuh membutuhkan konsumsi gula, namun jangan sampai Anda mengkonsumsinya melebihi batasan. Pasalmya jika gula dikonsumsi berlebihan maka akan membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Ada batasan khusus di mana para penderita diabetes harus menerapkannya agar penyakit tersebut tidak semakin parah. Kementerian kesehatan Indonesia juga telah memberi batasan konsumsi atau kebutuhan gula per hari yaitu 50 gram gila seharinya.

Batasan Asupan Gula Harian

Menurut kementrian kesehatan ada batasan gula, sebaiknya mengkonsumsi gula sebanyak 4 sendok makan saja sehari. Karena dalam 4 sendok terdapat 100 kalori yang sudah cukup untuk tubuh.

Ada juga batasan konsumsi gula harian untuk anak usia 2-19 tahun, yaitu kurang dari 6 sendok teh atau 24 gram per hari. Sebagai orang tua, sebaiknya Anda juga memberikan batasan makanan manis untuk Anda lebih dari 230 mililiter per minggu.

Hal ini karena gula merupakan salah satu bahan maka dan minuman yang menjadi sumber kalori paling utama yang bisa menyebabkan berat badan bertambah. Selain itu gula juga merupakan sumber karbohidrat yang gampang dicerna sehingga tubuh lebih cepat kenyang.

Hanya saja, rasa kenyang karena makanan manis ini juga cepat hilang. Karena itu, Anda jadi tidak sadar karena tubuh merasa lapar dan akhirnya mengkonsumsi karbohidrat lebih banyak lagi. Hal ini tentunya akan membuat tumpukan lemak pada tubuh, dan menjadi awal mula obesitas.

Bahaya Konsumsi Gula Berlebih

Asupan gula harian tentunya harus dibatasi, agar tidak mengakibatkan penyakit yang lebih parah. Walau gula memiliki peran sebagai sumber energy, namun jika dikonsumsi berlebih maka akan membawa penyakit.

Dalam jangka pendek jika mengkonsumsi gula berlebih maka akan mengganggu kesehatan kulit seperti jerawat, penambahan berat badan, hingga tubuh menjadi gampang lelah. Kelebihan konsumsi gula juga bisa berakibat pada kenaikan berat badan yang menjadi penyebab obesitas.

Lalu obesitas merupakan awal mula dari diabetes. Diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit kronis yang menjadi ketika tubuh tidak mampu menghasilkan atau mengurangi nutrisi. Prediabetes juga merupakan tanda seseorang mengidap penyakit gula namun tidak tinggi.

Jadi, Anda mengenai pentingnya asupan gula harian yang perlu dibatasi agar bisa menjalani pola hidup sehat. Apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit gula turunan, penting untuk menjaga konsumsi gula sejak dini. Karena itu, Anda bisa mengikuti anjuran berdasarkan artikel yang kami buat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *