Waspada Berikut Penyebab Penyakit Sifilis dan Tips Pencegahannya

Waspada Berikut Penyebab Penyakit Sifilis dan Tips Pencegahannya

Diposting pada

Penyebab penyakit sifilis penting diketahui dan harus waspada dengan penyebarannya. Sedangkan penyakit sifilis sendiri biasa disebut dengan nama raja singa, dan disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itu kamu harus waspada dengan penyakit tersebut, sebab sifilis dapat menular ke siapa saja.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui, Coba Saja!

Sedangkan gejala dari sifilis sendiri diawali dengan munculnya sebuah luka yang tidak terasa sakit dan biasanya berada di area mulut, kelamin, hingga dubur. Selain itu luka atau ulkus yang ada di area kelamin sendiri merupakan salah satu gejala penyakit sifilis, dan tidak terlihat atau terasa sakit oleh karenanya si penderita akan kesulitan menyadari penyakit tersebut. Namun meskipun begitu penyakit ini dapat ditularkan ke orang lain, sehingga kamu harus waspada dengan gejalanya.

Sejumlah Penyebab Penyakit Sifilis dan Cara Mencegahnya dengan Benar

Sejumlah Penyebab Penyakit Sifilis dan Cara Mencegahnya dengan Benar

Namun jika kamu membiarkan penyakit ini tanpa melakukan pengobatan maka hal tersebut akan dapat merusak jantung, otak, hingga organ lainnya. Sedangkan bagi ibu yang sedang hamil, maka penyakit tersebut dapat menyebabkan kondisi janin menjadi tidak normal. Bahkan jika seorang ibu hamil membiarkan penyakit ini, hal tersebut dapat menyebabkan kematian pada bayi. Oleh karena itu ketika kamu sudah tahu gejala dari penyakit tersebut, silahkan segera diatasi dengan cara yang tepat.

Apa Penyebab dan Gejala dari Penyakit Sifilis?

Ternyata sifilis disebabkan oleh infeksi bakteri treponema pallidum yang menyebar melalui hubungan seksual dengan penderita raja singa. Namun virus tersebut juga dapat ditularkan melalui kontak fisik dengan luka di tubuh penderita. Sedangkan gejala dari penyakit sifilis dapat digolongkan sesuai tahap perkembangannya, karena memang virus tersebut mempunyai gejala masing-masing.

Selanjutnya di bawah ini akan ada beberapa jenis penyakit sifilis, kamu yang penasaran silahkan disimak dengan baik-baik.

  • Sifilis Tersier

Salah satu sifilis yang dapat menyebabkan kerusakan pada jantung, otak, saraf, dan organ tubuh lainnya.

  • Sifilis Laten

Menjadi sifilis yang tidak menimbulkan sebuah gejala, tetapi ada bakteri di dalam tubuh si penderita.

  • Sifilis Sekunder

Salah satu jenis sifilis yang ditandai dengan gejala ruam pada tubuh.

  • Sifilis Primer

Jenis sifilis yang ditandai dengan munculnya luka (chancre) di tempat bakteri bisa masuk.

Bagaimana Pengobatan serta Pencegahan Penyakit Sifilis?

Perlu diketahui bahwa penyakit ini memang terkadang tidak menimbulkan gejala, sehingga penderitanya tetap santai. Namun pengobatan sifilis akan jauh lebih efektif jika dilakukan sejak awal, sehingga tidak akan menular kemana-mana. Selain itu selama orang tersebut sedang dalam masa pengobatan, maka penderita akan disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual. Selain itu mereka harus menunggu sampai dokter memastikan bahwa penyakit tersebut sudah sembuh, dan tidak akan menyebabkan penularan.

Selain itu penyakit sifilis dapat dicegah dengan melakukan perilaku seksual yang aman, yaitu harus setia pada 1 pasangan saja. Berikutnya ketika kamu akan melakukan hubungan seksual, maka bisa dianjurkan untuk menggunakan kondom sebelum melakukannya. Selanjutnya kamu bisa melakukan pemeriksaan atau skrining terhadap penyakit sifilis tersebut, lalu lakukan secara rutin supaya dapat meminimalisir resiko penyebaran virusnya. Menjaga kesehatan setelah melakukan hubungan seksual juga penting, karena memang penyakit tersebut sedang banyak menular dan membawa dampak tidak baik bagi kesehatan.

Sekian penjelasan informasi mengenai penyebab penyakit sifilis beserta pencegahannya, dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan organ tubuh setiap hari. Semoga informasi di atas dapat membantu, dan selamat membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *